Jogja Kota Berhati Nyaman

Seperti kata temen saya, kalo gak ke Jogja, berarti belum tinggal di Indonesia. Ya beda-beda tipis dengan ke Bali. Jogja itu salah satu kota yang harus dikunjungi sebelum kita mati. Kenapa gitu? Ya gak tau juga kenapa, tapi yang jelas Jogja memang kota yang berhati nyaman.

Saya ke jogja sekitar satu bulan lalu. Setelah ujian semesteran, saya dan Berry (bukan barry likumahuwa) berangkat ke jogja dari stasiun pasar senen. Berharap dapet kereta ekonomi, eh ternyata dapetnya kereta bisnis. Gak apalah mengeluarkan kocek 135rb (kalo gak salah inget) sekali-kali.

Kami berangkat ba'da isya, dan sampai di jogja ba'da shubuh. Dari stasiun jogja, kami berdua naik becak menuju kos2an Berry, mesra sekali.


Alhamdulillah, kosnya si  Berry PW abis. Buat istirahat, boker, dan lain-lain. Burjo deket, sarapan juga tinggal ngesot, makan siang apalagi, dah pokoknya hidup dengan cukup nyamanlah. Dan kamipun meneparkan diri untuk istirahat sejenak sebelum jalan-jalan beberapa hari ke depan.

Yak, trip pertama, kami menuju Keraton. Ya, seperti istananya Jogja tempat para Sultan mengadakan kegiatan-kegiatan. Kalo di Medan kayak Istana Maimun kali ya.

foto bareng patung

tinggal tambah 3 orang lagi dah jadi boyband

di dalem keraton


Nah, itu dia keraton. Masuk ke sini bayar dua ribu kalo gak salah inget. Maklum agak lupa2, soalnya udah lumayan lama.hehe

Setelah dari keraton, kita beranjak ke Taman Sari. Lokasi gak jauh dari Keraton. Nah, ini nih letak kedewaan si Berry. Dia punya trik khusus masuk Taman Sari tanpa bayar. Mahasiswa bangetlah. Kita masuk lewat belakang. Jadi kita masuk lewat jalan keluar. Bingung-bingung dah, yang penting gratis *gak boleh dicontoh karena merugikan negara*.

Sampe di Taman Sari, jelas kita foto-foto lagi.. :D


pose di jendela

berry levitation




Udah dzuhur, kami sholat di masjid deket Taman Sari. Emang bener-bener memanfaatkan waktu, setelah sholat, kami langsung capcus ke Parangtritis. Nah, ini nih pantai yang paling tersohor di Jogja. walau suasana mendung, kami tetap berangkat. Kebetulan besok hari Jumat, jadi malemnya ada upacara sesembahan untuk Nyi Roro Kidul gitu. Tapi kami gak sampe malem karena badan udah keburu tepar. Capek euy.. Tapi puaslah foto sore-sore ngambil sunset di Parangtritis.






tenang,, ini bukan aku dan berry kok..

Nah, abis dari Parangtritis, kita balik. Tapi katanya ada view yang lebih bagus dari ini disekitaran Parangtritis. Sayang kita gak sempat menelusuri lebih jauh karena emang waktu yang mepet banget. Dan akhirnya kita balik ke Kos Berry.

Oke, setelah makan malam, kita istirahat sampe besoknya kita berangkat lagi. Tujuan selanjutnya adalah,, Candi Borobudur!!

Yey,, akhirnya kesampaian juga aku ke salah satu keajaiban dunia ini. Dengan menempuh perjalanan satu jam lebih naik motor, kami sampai juga di Borobudur. Ya, Candi ini emang gak terletak di Kota Jogja, tapi masih di provinsi Jogja.

Kami membayar tiket masuk Rp 30.000. Sebenarnya Berry juga tau cara masuk gratis. Tapi kita mesti parkirin motor di rumah warga, trus manjat lewat belakang. Tapi gak jadi karena resikonya lumayan besar. Jadilah kami lewat jalur resmi saja.

Sampai di dalem kita dipakein sarung corak batik gitu. Trus lanjut foto-foto sepuasnya, dan mengarungi candi borobudur sampai ke atas. Wuihh, cuaca yang terik banget ngebuat kita jadi bener-bener capek. Naik tangga yang curam, terus turun lagi. Tapi ya semua terobati karena emang candinya indah banget. Katanya lebih indah kalo lagi sunrise. Jadi shubuh-shubuh udah di sini sambil ngeliat sunrise. Ini nih foto-foto di sana..

di deket pintu masuk

udah mulai pake sarung batik

ini dia candi borobudur.. wuiihh

gak nyante lo ber..

viewnya indah kan??

ini di atas candi borobudur

bukan maksud gak sopan megang kepala dewa..


nah ini nih masterpiecenya.. :D

Oke, karena udah waktunya sholat jumat, kita jumatan di masjid deket Candi. Lalu Berry ngusulin ke Keteb Pass. Aku langsung oke aja. Keteb Pas itu tempat wisata yang bisa ngeluat langsung gunung merapi. Lokasi gak terlalu jauh dari Candi. sekitar 45 menit. Tapi karena kemarin hujan deres banget, kita neduh dulu sebentar. Ini nih foto-fotonya..

Ketep pass welcome

breakdance

ini dia view menuju merapi

sambil pose ngeliat merapi

museum ketep pass

belakangnya jurang tuh!


Huhh,, lumayan juga hari ini. Borobudur dan Ketep udah berhasil diarungi. sekarang, saatnya kembali ke kandang dan merencanakan hari esok mau ke mana lagi. Emang berasa ngejer deadline. Iya abisnya hari senin si Berry udah masuk kuliah. Jadi kita gas aja ke tempat-tempat wisata yang wajib dikunjungi. Untungnya si Berry ini bolang di Jogja. Jadi dia tau tempat-tempat wisata. Gak mati gayalah pokoknya.

Hari ke 3, kami lebih banyak main bareng temen aku yang tinggal di Jogja. Ada Liphe. Temen yang kenal di facebook, yang ternyata temennya temen sekelas aku di kampus. Kami ketemuan. Liphe datang ke kosnya Berry. Nah, kami langsung makan siang, trus capcus ke Malioboro dan sekitarnya. Foto-foto lagi dah..hehe

ngamen bareng


depan beringharjo

ini di sekitarn malioboro

zona jadul

lah itu siapa yang nyelip

berry & liphe

di taman pintar

mondok











Itu dia.. Jalan2 seharian ditemenin si Liphe anak kudus yang bisa ngapak.hahaha.. Kapan kapan kita ketemu lagi ya.

Trus malemnya aku ketemu ama si Hanip, Oci dan Yhogan. Kami ke Alun-alun kidul. Ya, aku penasaran nyobain ngelewatin dua pohon besar yang katanya kalo berhasil lewat, hatinya bersih. Kalo gak hatinya kotor. Dengan sok ganteng aku ditutupin matanya terus jalan sesuka hati. Alhasil aku malah melenceng jauh dari tujuan. Gak puas sekali, aku coba lagi. Dan hasilnya? Tetep melenceng jauh. Sial, berarti hatiku kotor. Tidak!! Ini musyrik!! :p

bersiap melewati tantangan

foto bareng hanip dan Oci

suasana malam di alun-alun kidul

naik sepeda keliling2 sambil bahagia

Udah puas main di alun-alun kidul, tereak-tereak gak karuan, kami pun mampir ke kopi joss sambil makan nasi kucing. Ya, kopi joss ini kopi yang arangnya dimasukin gitu aja ke dalam gelas. Terus di minum. Rasanya sih sama aja kayak kopi pada umumnya, cuma yang bedain ada krinyis krinyis gitu. Gak lain gak bukan itu adalah arang yang terkunyah.

Hufftt.. masih ada lagi nih. Jangan capek ya bacanya.hehe

Besoknya aku ama Berry istirahat dari pagi ampe sore. Tapi malamnya kami tetap membolang. Ya, kami ke bukit bintang. Jaraknya sekitar 40 menit dari kosan Berry. Langsung aja ya pamer foto-fotonya..hehe




Nah itu dia.. Kita main teknik lowspeed. Abis dari situ, kami makan gudeg jogja. Wah enak,,, Minyaknya itu.. wow.. emang masakannya manis, tapi aku suka.

Gudeg Jogja
Wuih.. jadi laper. Nah setelah kenyang, kami capcus lagi ke Tugu Jogja. Apalagi kalo bukan foto-foto. Nah, untungnya itu adalah kesempatan terakhir sebelum besoknya tugu jogja direnovasi. Wow..

tugu monas malam hari

foto di pinggiran tugu monas

Alhamdulillah tiba juga di hari terakhir di Jogja.fufufufuf... Itu hari senin. Malamnya aku pulang naik kereta ke Jakarta. Nah, hari terakhir, aku diajak jalan-jalan sama Hanip dan Deta ke Candi Prambanan. Tapi sayang banget, aku lupa bawa memory eksternal kamera. Arrgghh.. Jadi cuma bisa 30 foto aja di memory internal. Harus menghemat jepret-jepret. Udah berasa bawa kamera film aja.

Masuknya sama kayak Candi Borobudur, 30ribu. Berat juga emang ngeluarin duit 30rb, tapi gak apalah sekali-kali. :p







Bonus, kita jumpa artis yang lagi syuting.hehehe




Inilah perjalanan saya ke Jogja. Terimakasih yang sangat buat Berry kawan awak yang udah ngasi tempat tinggal, terus ngajak jalan-jalan. Sory boy kalo aku nyusahin. InsyaaLlah dibalas dengan pahala yang berlipat ganda. Buat Liphe, makasih juga udah mau jalan2 bareng di Malioboro.. Kapan kamu ke Medan, tak ajak jalan-jalan juga.hahaha. Buat Hanip, Yhogan, Deta, dan Oci makasih juga atas sambutannya *berasatamuistimewa*. Ayo gantian ke Medan,, ntar tak bawa juga jalan-jalan naik angkot keliling2 medan. Emmh,, terus buat semuanyalah. Jogja is a beautiful city. I do love it. :D

11 komentar:

  1. itu artisnya namanya inne azri gan :)
    googling aja

    borobudur sama ketep itu di magelang, n prambanan itu di klaten, tapi akses kesitu lebih dekat dr bandara jogja drpada solo / semarang

    sama seperti pulau samosir sebagai pusat kebudayaan batak (toba), solo n jogja adalah pusat dari atmosfir jawa, jantungnya pulau jawa. kapan2 mampirlah juga ke solo, ada keraton, air terjun tawangmangu, candi sukuh (the most erotic temple in Indonesia) hehehe ...

    BalasHapus
  2. waaaahhhh bagus! jadi makin pengen ke Jogja nih! nice info gan :D

    BalasHapus
  3. Cieee naik becak berdua...
    Sebenarnya dijadiin tulisan yang banyak bisa nih mas hihi x)
    Hm, kayaknya bagusan Maimun ke mana-mana ketimbang Keraton Jogja deh :D
    Itu masterpiecenya, lensanya kotor ya? Kok di bagian atas kiri ada kotornya :p
    Tapi keren semua fotonya, aku suka. :)

    BalasHapus
  4. @Tebak Ini Siapa
    saya gak suka buat sequel.. soalnya masih banyak yang mesti di post..hhe

    filternya itu bermasalah.. kemarin photoshop lagi gak ad, jadi gak diilangin.. :D

    BalasHapus
  5. asalamualaikum
    memang asyik dan pasti betah bila di Yogya
    selain banyak wisatanya, makanannya juga enak2 dan harga murah.

    BalasHapus
  6. Huuuuaaaa seruuuu...
    Itu gaya lari-larian di pantainya alami banget ekspresinya :p

    BalasHapus
  7. kunjungan sob ..
    mau bagi-bagi kalimat motivasi sob ..
    "saya belajar menggunakan kata 'tidak mungkin' dengan sangat hati-hati."
    kunjungan balik ya sob .. :)

    BalasHapus
  8. Waaaaah foto-fotonya bagus. Jadi pengen jalan-jalan ke Jogja juga :D

    BalasHapus
  9. aku sekitar 5 bulan yg lalu kejogja untuk yg pertama kalinya..

    intinya aku ber3 sama tmn backpacing 3hr,
    hari prtama tidurnya di emperan toko malioboro! hahaha,,
    itu cuma sehari, bsoknya nyari losmen murah2, soalnya pada bentol semua d gigitin nyamuk!

    *ini kalo d ceritain panjang* hahaha..
    pokoknya jogja is the best!

    eh ya, anak STAN kah: :p

    BalasHapus

Silakan dikomentari ya. Klik subscribe by email untuk notifikasi balasan. Terimakasih.