Buset! Hampir Kena Tipu!!

Huffft.. masih untung gak kena tipu. Ya walaupun jumlahnya gak terlalu besar, tapi ya pasti gak rela kalo udah jadi korban penipuan. Berasa bego banget, dan yang pasti hari-hari jadi gelap dan hati menjadu suram. Lebih parah dari galau dan secara materi cukup mengenaskan.

Awalnya aku jualan pre order kaos di kaskus. Udah sekitar 1 bulan untuk masa pengumpulan konsumen dalam batas limit. Alhamdulillah baru-baru ini pesanan udah sampai 20 orang dan langung naik cetak. Tapi sebelum naik cetak, saya meminta konsumen untuk membayar lunas serta ongkos kirim kaos tersebut. Yah, lumayan repot kalo menagih uang kepada 20 orang berbeda posisi. Ada yang via transfer ada yang ketemuan langsung. Nah, untuk ketemuan langsung tidak ada masalah, semuanya lancar. Tapi yang transfer agak sedikit problem.



Kebetulan aku gak punya rekening Mand*ri. Adanya Muam*lat. Tapi karena banyak pembeli yang make rekening mandiri, jadilah aku pinjem rekening teman sekontrakan. Dan ada satu pembeli yang sedikit aneh.

P : pembeli
S : saya

P : Gan, kirimin no rekening agan.
S : Nih gan.. blablablabla (kita anggap itu nomer rekeningnya yah)
P : Sekalian minta email gan, mau ane kirim bukti transfer.

wah, nih agan emang top. Aku gak ada minta, malah nawarin bukti transfer. Dan 2 menit setelah itu dia sms lagi.

P : Gan, udah ane kirim bukti transfernya ke email. Cek yah.
S : Ok gan, ntar ane cek.

Wuihh,, cepet banget. Ane udah agak curiga, kok si agan bisa cepet banget,,, Hmm,, berarti dia make internet banking. Ok.. Akhirnya aku cek ke email dan nemu bukti transfer dalam format PDF. Ini saya print screen.

Nah, kalo sekilas emang gak ada yang mencurigakan... Tapi kalo diliat lebih dalem, bukti transfer ginian sih bisa dibuat sendiri. Tapi aku gak mau suudzhon dulu. Kali aja ini emang betul.

Dan setelah ke ATM ngecek saldo, ternyata kurang sejumlah tagihan si agan satu ini. Akhirnya aku sms langsung, dan terjadi percakapan berikut.

S : Gan, maap.. punya ente belum masuk.
P : Kan dah ane kirim buktinya,, cek email dah..
S : Udah ane cek, tapi di rekening ane belum masuk. Coba agan foto aja record buku tabungan agan. Maap gan, kalo bukti gitu juga ane bisa buat.
P : Maksud lu apa bisa buat bukti kayak gitu? (lah kok marah?) Masak gua krim dua kali. Mungkin pembeli yang lain tuh belum transfer.
S : Gak gan, ane barusan udah cek atm. udah, kayak ane bilang agan foto aja buku tabungan agan. Foto ya gan.
P : Ok, di history ane net banking ane juga ada kok. Nanti ane cek buku tabungan juga.
S : Ok gan.

Ok, percakapan selesai. Dan intinya, kita tunggu aja foto buku tabungan dia. Kalo bener ada, kok uangnya gak masuk di rekening yah? Kalo dia bener nipu, mudah2an pintu tobat segera dibukakan. :)

13 komentar:

  1. Bank emangnya bisa nipu?
    Aq dl jg pernah transfr. Di received udah accepted tp yg dikirimi ngaku blm nyampek. Dan trnyt, aq yg kena tipu, orangnya bw uangku kabur. Hikz.
    Jd musti ati2 ya, baik pengirim maupun penerima hehe

    BalasHapus
  2. wah pinter amat dia nipunya ya. ati2 itu. jangan mudah percaya sama orang.

    BalasHapus
  3. ok, ternyata ini bukan penipuan...heheh saya yang salah....

    BalasHapus
  4. ahahha.. betul2. untung aja langsung cek atm.. ;)

    BalasHapus
  5. moga aja dia boong, soalnya kl dia bener, ente susah ntar nyari siapa yang belum bayar ghehehehe

    BalasHapus
  6. tapi kadang2 transfernya suka lambat nyampenya lho.. emang sih kalo bisnis online gitu kita juga harus punya internet bangking biar gmpang ngecek uangnya udah masuk atau belum.. di internet bangking kan bisa di cek darimana asal kirimn tanpa perlu print buku tabungan dulu

    BalasHapus
  7. wah ternyata modus penipuan bermacam-macam ya.

    BalasHapus
  8. Untung deh kalau ternyata itu bukan tipuan.. :)

    BalasHapus
  9. Jadi gimana, Gan? *halagh berasa di kakus eh, di kaskus huehehehe

    YM dah Mbak aksih yah, di postingan sebelumnya. Ih, ketahuan banget Mbak jarang BW :(

    BalasHapus
  10. Kalo Mas Saidi udah niat mau jualan via inet, sebaiknya buka aja rekening mandiri sendiri plus bikin internet banking, jd semua tfrn bs dicek lgsg di internet banking, meminimalisir penipuan2 spt ini :)

    BalasHapus
  11. aku mau kirim buku utk hibah sejuta bukunya, tapi alamatmu kurang lengkap. ga ada kode pos dan no telpon. no telpon utk jaga2 kalo kurir nyasar, bisa telpon kamu. ditunggu kabarnya ya. tks.

    BalasHapus
  12. Kaskus itu memang berisi banyak jenis orang, ya. :(
    Dari segala jenis kalangan, tua muda, cewek cowok, suku juga begitu... Jadi memang rentan banget terjadi perbedaan sikap. :(

    BalasHapus

Silakan dikomentari ya. Klik subscribe by email untuk notifikasi balasan. Terimakasih.