Internet Merubah Saya 100%

Berbicara internet memang tidak ada habis-habisnya. Bagi saya, internet sudah menjadi kebutuhan pokok dalam kehidupan sehari-hari. Terbukti dari aktivitas yang saya lakukan sebagian besar harus terkoneksi dengan internet. Mulai dari bangun pagi sampai tidur lagi, semua ada kaitannya dengan internet.

Tapi jangan salah sangka dulu kalo saya adalah pecandu internet yang suka nyepam dan menghabiskan waktu luang dengan sia-sia. Tentu sangat berkebalikan. Karena dengan internet, gaya hidup saya sangat berubah drastis khususnya gaya hidup sebagai seorang mahasiswa.

Bukan berarti karena sebagian besar aktivitas saya di depan laptop maka saya menjadi seorang pasifis di kehidupan kampus. Malah saya sangat senang berorganisasi demi menyambung relasi. Dengan kemampuan berinternet yang saya miliki, saya diterima di kalangan para aktivis. Bagaimana caranya? Ok, mari simak cerita saya.

Siapa bilang penggila internet hanya bisa update status facebook dan twitter? Siapa juga yang bilang kalo penggila internet cuma baca-baca sambil komentar gak penting di forum-forum? Semua itu gak benar sama sekali. Buktinya saya! *sombong banget gw,hihihi..

Ok, supaya gak mikir macem-macem lagi, saya akan menerangkan bagaimana bisa seorang yang ngakunya memiliki sebagian besar aktivitas di depan laptop yang terkoneksi internet bisa jadi aktivis di luar dan malah sangat dibutuhkan?

Jawaban yang pertama adalah kemampuan membuat blog dan website. Ya, ini adalah kemampuan utama yang sangat saya andalkan ketika bergabung dengan organisasi manapun. Sampai saat ini, saya sudah membuat dua blog dan dua website untuk organisasi maupun kepanitiaan kampus. Semua itu tidaklah sulit namun tidak banyak yang bisa melakukannya. Mengapa? Karena masih banyak yang belum mengerti dengan keistimewaan internet. Lalu apakah saya sudah mengerti? Tentu, karena semua saya mendapatkan caranya juga melalui internet. Inilah yang dinamakan suatu efisiensi yang mampu menghemat energi sosial kita dengan tetap terkoneksi pada sebuah jaringan.

Contoh web karya saya
Photobucket

Lagi..
Photobucket

Tidak hanya itu, saya juga sering hunting berbagai tutorial yang disediakan di internet khususnya tentang design graphic. Baik dari sahabat-sahabat blogger indonesia maupun luar negeri. Hasilnya? Sekarang saya dikenal sebagai “tukang” design poster, spanduk, kaos dan sebagainya yang berhubungan dengan design graphic. Dan ini sebuah kebanggaan yang teramat sangat ketika hasil karya kita ditampilkan di depan orang banyak. Ini semua terjadi lagi-lagi karena internet.

Contoh Hasil Design Logo
Photobucket

Apa hanya itu? Tentu masih banyak lagi. Sebagai seorang blogger yang pastinya suka dengan dunia tulis menulis, saya sangat sering mencari kompetisi-kompetisi blog. Kalo boleh mengira-ngira mungkin sudah ada 20an kompetisi yang saya ikuti. Hasilnya? Pastilah tidak semuanya menang. Hanya satu atau dua yang berhasil. Itupun sudah sangat membanggakan karena saya bisa mentraktir teman-teman di tempat makan yang cukup mewah. Lagi-lagi semua karena internet.

Menang Lomba blog
Photobucket

Lagi..
Photobucket
Selain itu semua ada lagi nih yang sangat menggiurkan dari internet. Bagi yang suka membaca majalah, pastilah ini sangat menarik. Sekarang saya sudah menjadi langganan tetap majalah luar negeri Saudi Aramco dari Arab dan Oracle dari Amerika. Wah pada gak percaya kan? Ini nih fotonya. Gimana bisa? Saya hanya mengisi biodata di situs resminya, dan tunggu beberapa minggu, sampai deh majalahnya di depan kamar kosan.

Majalah
Photobucket

Terlebih saat ini sudah sangat banyak toko online di internet yang sangat memudahkan kita bertransaksi. Saya sendiri sudah beberapa kali menggunakan kemudahan ini. Dengan segala fasilitas yang ditawarkan, memperoleh barang tidak lagi susah. Tinggal pesan, transfer uang dan sampailah barang yang kita minta. Tapi tetap waspada terhadap penipuan. Caranya dengan bertanya dan berbagi pengalaman di forum. Salah satu yang sangat recommended seller adalah bhinneka.com

Bagaimana? Sangat banyak kan hal positif yang bisa kita gapai di internet. Dengan internet, saya menemukan gaya hidup yang sebenarnya. Saya bisa memberikan kontribusi yang berarti kepada orang-orang sekitar. Untuk hari ini dan seterusnya, saya senantiasa bertekad untuk memaksimalkan penggunaan internet hingga mencapai hasil yang maksimal.

Untuk itu, mari kita bersama menggunakan internet dengan handal dan tepat. Manfaatkan segala apa yang disediakan di internet dengan baik. Tentunya dengan tetap membuat filter dari segala kemudahan yang diberikan. Dengan waspada, internet jadi nyaman.

Satu pesan saya terhadap seluruh pengguna internet khususnya di Indonesia, mari kita buang jauh-jauh kebiasaan “menikmati”. Menerima dan memberi harus seimbang. Ketika kita mendapatkan sesuatu maka kita harus bertekad memberikan sesuatu. Buat suatu karya melalui internet. Karena memberi itu jauh lebih baik daripada menerima.

nb : tulisan ini saya dedikasikan untuk mengikuti bhinneka blog competition

7 komentar:

  1. Salut! :)
    yang penting aktifitas di dunia maya jangan pernah membuat dunia nyata malah terbalik menjadi menjadi dunia maya, dan dunia maya malah terbalik jadi dunia nyata . .

    BalasHapus
  2. blogwalking..
    dan ketemu sekundus winner dimachung..
    hehehe..
    good luck,gan..

    BalasHapus
  3. hebbbat jg kk saidi nh yaaa ... heehehehe :D

    BalasHapus
  4. sy juga pecandu Internet.. ga ada 1 hari serasa 1 minggu HAHAHA lebay..

    dengan Internet pengetahuan q slalu bertambah.. ga ketinggalan jaman.. slalu update yg sdng tren..

    tp memang kebanyakan org menganggap pecandu internet itu buruk.. pasti org yg bilang seperti itu lebih buruk dari pecandu internet..(halah apaan tuch internet gw juga bs paling cm main game, update status FB / Twitter) pandangan seperti itu sangat amat salah.. dia hny bs menggunakannya saja (tp apakah dia tau betapa susahnya menciptakan sesuatu hal yg baru dan dsukai bnyk org)(HAHAHA pengalaman q Bro) Hidup ini memang unt menghabiskan waktu, tp gunakanlah waktumu sebaik-baiknya

    masih bnyk banget keistimewaan Internet dan Komputer jika kita bs memanfaatkannya..

    Sukses Bro

    BalasHapus
  5. @Akmal Fahrurizal
    setuju bro!hhe

    @yeyekh
    hhe.. jgn2 juga juara blog machung ya?

    @sapidudunk
    hhe.. makasih mbak.. :D

    @saber
    belajar-belajar.... uas!

    @Ҝarlz
    wah bener bro! super sekali.. pecandu internet harus bisa bermanfaat bagi orang sekitar.. gak sebatan update status dan ngegame aja.. sukses juga bro!

    BalasHapus
  6. Sisi akademis'ny mana? Ga kebayang lho ngerjai paper tanpa internet :D
    Di Internet banyak sangat sekali beredar jurnal-jurnal ataupun tulisan akademis terkait perkuliahan dan buku dalam bentuk ebook. *walaupun saya cuma sering nyedot novel doank :D

    BalasHapus

Silakan dikomentari ya. Klik subscribe by email untuk notifikasi balasan. Terimakasih.