Domain dan Hosting? Apaan tuh?

“Cuy, lu tau arti domain itu apa? Kemaren gw coba-coba buat blog gitu, eh, ketemu kata-kata domain. Gw search di Internet, kagak nemu. Eh, nemu sih, cuma gak ngerti. Lu tau gak? Lu kan blogger.. Jelasin dong dengan bahasa yang gampang,” Danil mencerca gw dengan pertanyaan yang sebenarnya gw sangat paham maksudnya. Yeah, gw senang kalo ditanya terus tau jawabannya. Kalo gak tau paling gw jawab, “Jahh,, elu itu aja kagak tau. Sono tanya yang lain,, males gw nerangin yang begituan.. Ya elah.. gampang banget lagi. Kelewatan lu ye.” Ya, ngelesnya gw panjangin biar dikira paham dan hebat.

Ok, pertanyaan itu sebenarnya udah pernah gw tanyain ke temen gw yang ahli banget soal internet. Di sekolahan dulu, dia terkenal sebagai tukang buat website organisasi sekolah. Dan dari dialah aku tahu dasar-dasar tentang internet.

“Ok, domain itu adalah alamat.”

Hening

“ Udah itu aja.”

“ Hah? Cuma itu?” Danil sempoyongan. *apa coba pake sempoyongan..

“Iye,, gak yakin lu? Ok, gw jelasin lebih rinci lagi dengan perumpamaan. Gini bray, lu punya rumah kan?” gw menatap mata Danil dalam.

“Enggak, gw biasa tidur di kolong jembatan,” Danil sesenggukan.

“Hah? Ok itu gak masalah buat gw. Tapi kolong jembatannya punya alamat gak?”

“Boro-boro alamat, makan aja gw susah. Kasian bang... kasian,, baru makan 3 kali sehari,” Danil hilang arah.

“Hmmm.. Ok anggap aja lu punya rumah gede, terus ada alamatnya. Lu aminkan dong!”

“AMIIINNN,” Danil kesenangan didoakan punya rumah gede plus ada alamatnya.

“Nah, domain itu ibarat alamat rumah elu. Bedanya domain bukan nunjukin alamat Rumah, tapi alamat blog atau website yang lu buat. Gini, lu tau google.com kan? Itu salah satu domain yang ada. Atau lu tau blog gw?”

“Enggak, emang apa?”

“Nah, yang lu tanya “apa” itu lah yang dinamakan domain. Alamat blog atau domain gw saidialhady.com,” gw ngejelasin sambil promosi.

“Ohh.. jadi domain itu alamat blog atau web kita ya?”

“Bener.. sebenarnya alamat blog atau web itu bukan terdiri dari kata-kata. Tapi terdiri dari angka-angka yang dinamakan IP address. Contohnya 167.205.9.35. Kan susah tuh menghapal angka-angka seabrek gitu? Makanya kita mesti punya nama domain supaya gampang publikasi tentang blog atau web kita. Kan gak asik pas ditanya alamat blog pribadai kita jawab, satu enam tujuh dot dua nol lima dot sembilan dot tiga lima eh, salah satu enam tuju dot eh, kayaknya ada yang salah, eh, DUARRR!! Dan otak lu pun keluar asap,” terang gw sambil usaha ngelawak.

“Hahaha.. iya juga ya. Terus gimana memperoleh nama domain?” kata Danil yang kayaknya udah mulai paham.

“Pertanyaan bagus anak muda. Untuk memperolehnya lu bisa buka jagoanhosting.com. Disana lu bisa daftarin nama domain yang lu pengenin. Cepet-cepet daftar, ntar nama domain yang lu pengenin bisa disabet orang. Siapa cepat dia dapet. Oya, lu pengennya pake .com .org atau apa?”

“Eh, emang beda ya? Bedanya apa?” Danil mulai bingung lagi.

“Oh ya, gw lupa jelasin. Itu tuh bagian dari domain namanya Top Level Domain atau TLD. Nah Top Level Domain terbagi dua ada yang generic ada yang country. Kalo generic itu kayak .com .org .edu dan lain-lain. Kalo country itu ID nama khusus untuk negara. Kalo indonesia .co.id .go.id dan lain-lain. Kalo Amerika kayak .co.us gitu. Pokoknya semua tersedia deh di jagoanhosting.com,” mulut gw mulai berbusa.

“Hmmm.. kalo lu udah paham arti domain, lu harus paham juga yang namanya hosting. Udah tau belum?” gw sebenarnya udah tau kalo dia gak tau. Hmmm.. maksudnya gw gak tau kalo dia itu udah tau apa gak tau atau pura-pura gak tau kalo gw memang udah tau tapi gak mau ngasih tau. Ok, gw mulai sakit kepala.

“Apaan tuh?”

“Gini, kalo lu punya alamat rumah, pasti lu punya suatu tempat kan? Emmm... maksud gw sebelum lu bangun tuh rumah, pasti lu mesti punya sebidang tanah dulu kan?”

“Yoi lah, masak gw bangun rumah di tengah jalan?”

“Nah, itu lu pinter. Sama juga dengan hosting, lu mesti punya lahan buat blog atau web yang lu buat. Lahan itu kita gunakan untuk menyimpan data-data blog kita. Di sini kita mengibaratkan rumah itu adalah blog atau web, hosting itu adalah sebidang tanah tadi,” mulut gw mulai membiru akibat terlalu banyak bicara.

“Terus dapetin hosting itu gimana?”

“Nah, silakan kunjungi jagoanhosting.com. Di sana lu bisa beli domain dan hosting. Untuk harganya juga bisa diliat di sana. Murah-murah kok. Tenang, jagoan hosting Indonesia masih dipegang oleh jagoanhosting.com,” gw berbakat jadi salesman.

“Hmmm.. ada yang gratisan gak? Hehehe..” Danil cengengesan kayak sapi.

“Ada kok, tapi yah resikonya banyak. Kalo domain gratis, palingan domain lu banyak embel-embel dari penyedianya. Intinya nama domainnya jadi kepanjangan. Atau malah aksesnya jadi lambat. Ibarat rumah, alamatnya itu di dalam gang, terus masuk lorong dan dekat jurang. Kalo ngirim paket nyampenya lama banget. Nah kalo hosting juga ada yang gratisan. Tapi banyak dibatesin. Ibarat rumah lu yang di kolong jembatan itu. Kecil, dan pastinya aksesnya lebih lambat. Gimana? Paham?” gw mulai pucat akibat kehabisan air liur.

“Kayaknya gw mau beli yang di jagoanhosting.com aja nih. Gak sabar nge-Blog gw.hehehe.. Makasih ya di atas penjelasannya. Lu memang kawan gw yang paling pinter dan paling baek lah. You’re the best!” beberapa kalimat Danil yang terakhir adalah hasil karangan gw pribadi.

“Eh, supaya pemahaman lu makin mantap, lu harus liat ni video,” gw nunjukin video keren ini.


Setelah melihat video tersebut mata Danil berbinar-binar karena jatuh hati kepada Cak Beon dan Pakde Top. Bukan, maksud saya karena semakin mantap dengan pegertian domain dan hosting.

“Oya, satu lagi pren, cara pembayarannya gimana?”

“Gampang! Lu tinggal transfer ke rekeningnya. Pokoknya semua udah dijelasin di jagoanhosting.com.”

“Ok lah cuy, aku mau langsung ke warnet nih buat beli hosting plus domain. Makasih kawan atas penjelasannya,” pandangan kejujuran keluar dari mata Danil. Ya, karena hosting dan domain persahabatan kami sekarang semakin erat.he he he he.. *ketawa ala Pakde Top.

Nb : Artikel ini saya dedikasikan untuk mengikuti lomba artikel pengertian domain dan hosting Indonesia.

sumber gambar : di sini

14 komentar:

  1. Ngakak bacanya kak! tapi, kalo saya sendiri, masih cukup puas dan cukup merasa cukup dengan memakai layanan di blogger.

    BalasHapus
  2. tulisan bagus,,,sangat pas menceritakan kondisi saya tempo doeloe....heee

    BalasHapus
  3. Wah... wah... Keren artikelnya...
    Nyali Denuzz jadi ciut menciut nih... Hikzzz...
    Sukses!

    Salam sayang dari BURUNG HANTU... Cuit... Cuit... Cuit...

    BalasHapus
  4. kalo aQ paling suka yg gratisan kayak domain co dot cc dan dot tk biasanya aku pake utk praktek :)

    BalasHapus
  5. keren euy postingannya.. :) tapi ini buat postingan iklan jagoan hosting toh? hehehhe..

    met kenal ya saidy.. met gabung di Blogfam.. moga betah...

    BalasHapus
  6. Wah seru bgt obrolannya, pasti ngerti tuh temennya.
    btw, semoga sukses lombanya ya sob.. :)

    BalasHapus
  7. wah ikutan lomba lagi ni mas???
    success yow..

    mata saya ikut berbinar-binar, hehe..

    BalasHapus
  8. klo q pingin pake domain .gov tp syng unt pemerintah

    BalasHapus
  9. I just added your blog site to my blogroll, I pray you would give some thought to doing the same.

    BalasHapus
  10. ikutan juga gag ya lomba ini...:3

    BalasHapus
  11. buiih mantap cuuuy jelasinnya pake dialog mantap kaliii baahhh hahaha :D
    wah ada yang mau pentas ni ^^

    BalasHapus
  12. wkowko....jelas banget nih mas

    visit balik ya :D

    BalasHapus

Silakan dikomentari ya. Klik subscribe by email untuk notifikasi balasan. Terimakasih.