Informasi Mampu Mengubah Dunia

"Lebay lo!!!" Mungkin itu kata sebagian orang yang gak ngerti tentang pentingnya informasi. "Informasi itu cuma menghambat gue nyari duit aja kale.."

Parah tuh orang yang punya prinsip kayak gitu. Masak informasi dibilang penghambat? Kayak lampu merah aja. Ngomong-ngomong lampu merah, dah pada tau belum kalo lampu merah itu juga informasi loh. Nah lo, berarti betul kan kalo informasi itu penghambat? Gak gitu juga bro, tenang dan santai dulu. Minum kopi sambil baca koran, angkat kaki dan perhatikan.

Kalo gue liat dari KBBI, informasi itu penerangan; pemberitahuan; kabar atau berita tentang sesuatu. Nah beda banget kan sama arti penghambat yang diutarakan di atas. Jadi informasi itu penting banget nget nget nget...

Gue dapat ilham nulis gini bukan berarti baru menyadari sekarang kalo informasi itu memang penting banget. Tapi memang kayaknya ini momen yang pas buat share ke loe semua soal kata abstrak yang satu ini (baca : informasi). Dulu tuh gue milih jurusan yang ada kata-kata informasinya gitu lah. Tapi alhamdulillah gue pindah kampus akibat adanya informasi lagi. Loh, kok dikit-dikti informasi lagi? Nah, berarti loe dah pada paham apa pentingnya informasi itu.

Gini deh, sekedar share pengalaman, ternyata informasi itu juga membutuhkan alat. Belagu banget tuh si informasi pake alat-alat segala. Emang gitu bro, soalnya kalo gak pake alat dia gak bakal bisa melesat jauh dan mengekspansi jati dirinya sebagai informasi *bahasanya diberat-beratin, secara gue mahasiswa cuy.hehehe..

Trus contohnya apa?

Weits, kebetulan gue baru ngalamin tadi pagi. Pas gue berangkat kuliah, gak ada jarkom alias jaringan komunikasi seperti biasanya. Tuh jarkom bentuknya short message service ke hape gue. Kalo udah dapat jarkom pagi-pagi seringnya sih isinya batal kuliah atau jadwal diundur. Kesempatan buat blogwalking atau yang lainnya makin banyak nih. Tapi kali ini memang gak ada sms masuk sejak gue beranjak tidur.

Karena hari ini kuliah agama islam, jadi gue agak telat datang dikarenakan emang dosennya selalu telat. Yah, jadi bisa agak santai dikit jalan menuju TKP. Nah, setelah sampe TKP alias Tempat Kejadian Pembelajaran, gue gak ngeliat satupun makhluk yang biasa ada di kelas gue. Ntah itu pak ketua kelas, ataupun bu sekretaris. Kosong melompong tuh tempat. Gue pikir ada perubahan tempat yang baru dikasih tau setelah semua anak-anak pada ngumpul, Ternyata eh ternyata kuliah memang ditiadakan gara-gara pak dosen lagi diluar kota.

Hufftt.. kecewa sih enggak. Kalo kecewa berarti gue nganggap ini semua gak ada guna. Padahal gue bisa metik pelajaran yang sangat penting dari secuil pengalaman itu. Ini nih bukti konkritnya. Hitam di atas blog.hehehe..

Selidik punya selidik, sebenarnya pagi itu ada jarkom yang masuk ke hape gue. Tapi kenapa gak nyampe ya? Weleh..weleh, ternyata ada gadget error. Hape gue emang gak bisa nerima sms dari malamnya. Kata temen gue sih over capacity kayak twitter itu.hahaha... Pasalnya smsnya gak gue hapus-hapusin dari pertama beli nih hape. Sayang bro udah mencapai angka lima ribuan. Isinya jarkom semua..ckckck

Tapi ternyata hipotesa temen gue itu salah. Soalnya tadi baru gue restart, sembuh lagi deh. Dan sms beruntun pun datang bak peluru menghujam hape ku. Drrrtt...drrrrt...drrrt... Getar sms datang berkali-kali menampung sms yang pending sejak tadi malam. Ternyata hambatan informasi sedikit merubah kebiasaan gue yang tadinya selalu tau jadwal dan tempat kuliah, hari ini sama sekali gak tau.

Nah, baru masalah sms aja efeknya udah segitu. Gimana kalo yang lain juga? Makanya gue tertarik banget sama dunia informasi seperti blogging, forum, social network, maupun berita-berita lain yang ada di media elektronik maupun media cetak. Dengan informasi kita bisa menjadi terdepan. Orang-orang yang paham akan pentingnya informasi selalu menghargai waktu dan mempercepat waktu internal mereka untuk menyeimbangkan antara waktu yang 24 jam ini. Dengan begitu, waktu 24 jam akan lebih bermakna dan bermanfaat. Tentunya bila diiringi dengan kesigapan dalam menghadapi informasi yang kita terima..

Nah, sekarang pada setuju gak kalo informasi mampu mengubah dunia?

13 komentar:

  1. jangankan inforamsi yang berguna dan asli / benar......informasi boongan alias isu yang menghebohkan aja bisa merubah dunia ^___^

    BalasHapus
  2. setuju, Lama-Lama koran juga kayaknya udah kurang Laku sob karena kian hari perkembangan media komunikasi informasi eLektronik sudah semakin berkembang dan famiLiar.
    terima kasih teLah berbagi kisah.

    BalasHapus
  3. artikel yang sangat bagus...tapi yang pasti tidak ada yang abadi selain perubahan..

    jadi dunia ini emank harus kudu berubah...:hihihi

    BalasHapus
  4. makasih udah berbagi pengalaman .. :)
    tukeran link yuk??

    BalasHapus
  5. iya ...suka tidak suka, sadar tidak sadar. kita sudah dikelilingi teknologi tentang itu...jadi ? mau apalagi, tinggal kreatifitas dan sikap arif untuk mengelolanya

    BalasHapus
  6. Postingan yang sangat menarik...
    bener...bener...nggak ada informasi, mungkin nggak akan jalan dunia ini..hehehe...
    salam kenal...

    BalasHapus
  7. hai postingan disini menarik semua...
    salam kenal ya...

    :)

    BalasHapus
  8. INformasi ya emank penting Sob.... kebayang klo kita cuma maen dan duduk tanpa ng'denger info yg ada, klo lagi ngobrol pasti kga nyambung sama orang lain hhe......

    Semangat N happy blogging Sob...

    BalasHapus
  9. Setuju kalo informasi tu penting dan kudu ada alat untk mencari sesuatu informasi sob...dan benar jg skarang ini koran pun kurang di minati sob..di karnakan bnyak fasilitas electronik yg menguasai segudang fasilitas untk mencari informasi sob

    BalasHapus
  10. BIca mengenai informasi, bukan sesuatu yang penting tapi SANGAT penting, lah kita nggak mugkin tahu lok tetangga samping rumah jual sembako tanpa adanya informasi. Betul apa bener gan???

    TApi ahti2 juga banyak informasi yangs alah, jadinya teliti sebelum membeli dulu ya ::)

    BalasHapus
  11. ngomong2 masalah informasi.. mana informasi baru hari ini Sob?? hhe.. aku tunggu...

    BalasHapus
  12. sekarang orang lebih prefer detik ama vivanews daripada koran cetak

    wow! 5000 sms? Edaaannnn

    BalasHapus
  13. info = berita. tanpa berita manusia gag bisa berkoordinasi satu sama lain. betul banget, tanpa adanya kordinasi, perubahan (yag positif) gag akan terwujud

    BalasHapus

Silakan dikomentari ya. Klik subscribe by email untuk notifikasi balasan. Terimakasih.