Putri, Datanglah Ke mari!

Yang namanya anak muda pasti gak lepas dari perkembangan musik. Dari yang bergenre pop sampe dangdut metal semua dijabanin dah. Pasalnya kalo gak paham musik pasti bakal dibilang cupu *salah satu kerusakan bangsa. Jadi terpaksa deh buat para kaum kacamata dan kancing atas (baca:kutu buku) ngurangi waktu belajarnya buat ngikuti perkembangan musik.

Dan radio pun jadi pilihannya. Maklumlah, di TV kan cuma nampilin lagu-lagu cinta melulu. Nada mendayu-dayu dan rambut nutupi mata sebelah *alay mode, jadi trending style di video klip musik Indonesia. Beda banget dengan musik zona 80an yang lebih ngedepanin kualitas musik dan syair tentunya.

Mau gak mau, Kabul sebagai perusak eh penikmat dan pemeran musik tanah air, harus merubah genre musik. Awalnya sih kami sepakat kalo kita bakal mengusung genre slowrock kayak gun n roses ama deep purple. Tapi gara-gara terbawa arus akhirnya kami menetapkan pada genre pop alay. Nih genre gue sendiri yang ciptain. Maklum gue kan salah satu makhluk ganteng di dunia ini yang suka banget sama hal aneh plus ngebuat orang penasaran *kalo mau muntah tahan aja ya.

Memang sih motivasi kita ngeband tuh bukan gara-gara hobi. Pokoknya gue salut banget lah sama band-band indie yang keren-keren ntu. Mereka tuh kreatif-kreatif banget. Musiknya punya ciri khas. Tapi sayang, sangat sedikit label yang mau ngontraknya. Alasannya ya itu-itu juga.

“Gak laku dipasaran nih. Coba deh buat lirik tentang cinta.”

Gimana gak gondok bro kalo hasil karya anak bangsa ditolak gitu. Padahal mereka tuh punya jiwa musik yang keren banget lah. Sayang aja kalo mereka-mereka para band indie tu cuma ngabisin waktu di studio. Palingan manggung di gigs-gigs kecil dengan bayaran nasi bungkus doang. Tapi gue yakin lah kalo suatu saat musik indie bakal nempatin posisi atas di belantika musik tanah air. Amin.

Balik ke masalah Kabul band yang gak punya jati diri alias ikut sana sini. Sebenarnya tujuan kami ngeband tuh pengen dapat duit banyak, bisa beli mobil pibadi, rumah mewah plus kolam renang, studio musik sendiri, dan punya istri dan anak sholehah.hehehe..

Enak banget kali ya kalo gitu. Berasa di surganya dunia kayaknya. Setiap pulang manggung dilayani istri yang setia nunggu di rumah. Dilayanin dengan masakan khas sang istri dengan bumbu cinta. Nyam..nyam..nyam.. “Mimi, masakan lagi dong buat pipi.”

Gubrak! Gue terjatuh dari tempat tidur dengan ketinggian 2 kilometer eh meter.

***

Setelah melalui pencarian jati diri Kabul band, akhirnya kami mutusin untuk ngebuat lagu tetap dengan bergenre pop alay. Selain lagunya yang easy listening, buat liriknya juga gak susah-susah amat. Apalagi kordnya di minor terus. Jadi maen gitarnya lebih gampang. Maklum waktu itu gue bisanya cuma kunci dasar aja. Kalo sekarang jangan ditanyak. Duel ama slash pun gue gak takut. Tapi duel cepet-cepetan nyetem gitar ya.hahaha

“Bro, kita gak bisa gini-gini aja. Kita mesti buat gebrakan dibelantika musik tanah air..” tiba-tiba Yoyo kemasukan jin pinter.

“Tumben loe ngomong bener yo, tapi gebrakan apa tu? Kayaknya kita udah cukup menggebrak kok. Buktinya abang yang jaga studio selalu cabut pas kita maen. Bukannya itu gebrakan yang gak bisa dibuat band-band lain?” kata Roron serius *nih anak emang seriusnya aneh. Malah becandanya yang keliatan serius.

“Itu mah bukan gebrakan, tapi keburukan. Maksud gue gini, kita mesti punya lagu yang disukai para penikmat musik di Indonesia. Apa payahnya sih ngebuat lagu? Pan kita udah punya gitaris handal!” terang Yoyo sambil ngelirik melirik gue yang lagi nyetel gitar tak kunjung selesai dari beberapa jam lalu.

“Pada ngomongin apa sih?” Kataku polos pura-pura gak tau.

“Beehh,, pokoknya gini di, loe kita percayain buat nyiptain lagu yang sesuai genre kita. Pokoknya yang laku dipasaran lah !” jelas Yoyo berlagak paham tentang musik.

Ternyata kepura-puraan gue gak merubah keputusan mereka. Siaaaalll.. Mesti nyari inspirasi apaan yak? Kan kalo lagu-lagu hits jaman sekarang tuh semuanya tentang diputusin cewek, cinta bertepuk sebelah tangan, cinta kandas karna tugas *yang ini gue sendiri yang ngarang, pokoknya semua yang berhubungan dengan patah hati lah.

Gak gue banget bro. Maklumlah gue kan gak pernah ngerasain patah hati *gak pernah gara-gara gak punya awewe alias pacar.hahahha. Palingan cuma ngerasain gimana pukulan cewek setengah pria. Rasanya emang sama-sama sakit. Kayaknya nih cewek punya hubungan darah sama bang Mike Tyson. Kalo dah mukul sakitnya tu gak ilang ampe berminggu-minggu. Mending anaknya cantik, eh malah mukanya juga ikut-ikutan Mike Tyson. Astaghfirullah…

“Ok lah ma prend. Gue cobak dulu yak. Mudah-mudahan loe semua pada suka. Tapi gue butuh waktu nih buat cari investasi. Mungkin gue bakal menyusuri hutan belantara buat ngedapetinnya” gue coba ngajuin advokasi *seet dah.. bahasanya advokasi..
“Investasi apaan? Inspirasi kali kamsud loe.. Makanya kalo mau make istilah tuh diapalin dulu lah. Kan kasian kalo loe ngomong di depan orang lain. Kita-kita yang malu !” cela Roron menujam jantungku.

Gue nyengir, “Yah itulah maksud gue. Kan cuma ngetes pendengaran loe pada.”

***

Akhirnya hari-hari gue dipenuhi dengan mengarang lagu buat Kabul band. Semuanya gue tinggalin dah. Belajar? Ntar pagi ajalah. Makan? Tanggung dikit lagi nih. Mandi? Parah sabunnya dah abis. Sholat? Itu kan nomer 2 *setelah syahadat maksudnya. Nyuci? Nyetrika? Ngepel? Nyabu eh nyapu? Loe kira gue pembokat apa?
Prustasi pun hampir gue alami. Sempat terpikir buat nyusun alibi sakit. Tapi yang namanya anak kabul pasti paham kalo gue lagi pura-pura apa enggak. Mau menghilang sambil nonaktifin hape pun pernah jadi bahan pertimbangan gue. Cuma mereka pasti bakal datangi ke rumah. Mau pindah rumah? Pasti gue yang disuruh pindah sendiri ama bokap. Atau gue lari ke luar negeri aja ya? Emang gue korupsi apa pake lari ke luar negeri?

Bodooooohhhhhhhh… gue kan udah punya lagu. Gue baru teringat kalo dulu tuh pas kelas 1 SMA pernah disuruh nyiptain lagu buat senior. Mereka tuh cewek-cewek yang centil dan cukup alay lah. Gaya bicaranya itu yang ngebuat gue pengen muntah kalo lama-lama ngobrol dengan mereka. Katanya itu gaya bicara modern. Parah dah, kalo gitu siapa lagi yang akan mengusai bahasa daerah bangsa Indonesia? Mungkinkah modernisasi akan melenyapkan budaya kita? *kok mendadak sok kritis gini yak..

Akhirnya karena terpejona dengan kegantengan gue, mereka memanfaat jabatan senior buat nyuruh gue yang aneh-aneh. Disuruhlah gue nyiptain lagu buat mereka. Disuruh pulak lagu yang mirip-mirip Christian Bautinja eh Bautista. Denger-denger sih gara-gara gue mirip si doi. Salah besar tuh. Yang ada si CB yang mirip gue *semakin penasaran kan ngeliat muka gue kayak apa?

Tuh senior ada tiga orang. Dua cukup lumayanlah. Putih dan agak manis. Sering pake rok di atas lutut sembari memamerkan bulu kaki mereka yang sedikit. Kalah lah kalo dibandingkan ama kabul *ya iyalah, kalo sama kayak kabul ngeri banget. Tapi satu lagi agak kebanting gimana gitu. Putih sih, tapi jerawatnya ngimbangi gue *ketauan deh kalo gue jerawatan. Tapi tenang, jerawat gue ini pemanis kok.hehehe. Yang lebih parahnya nih cewek kalo dah ngomong suka nyakitin. Pokoknya gak ada bagus-bagusnya deh. Astaghfirullah, nyebut lagi.

Dengan berbekal perasaan yang berkecamuk di dada dan rahmat Allah swt, akhirnya gue dengan cepat nyiptain lagu buat mereka bertiga. Gini nih liriknya,

Aku melihat tiga orang putri, tampangnya rupawan rupawati, yang satu cantik bagaikan sang puteri, yang satu mirip sang dewi, yang satu lagi kayak laki laki..

Ohhh, puteri datanglah ke mari… Ohh, dewi hadirlah di sini… yang satu lagi jangan kemari.. nanti kumaki… bagus kau pergi….

Hehehe,, jadi dah satu lagu. Dan ketika ku perdengarkan ama Yoyo dan Roron,

“Huhahuahuhahauha, ngakak dah gue.. Irama plus liriknya alay abis.. Oooooh puteri… datanglah kemari…hahhaha” Roron ngakak setengah hati, eh mati.

“Jadi, kapan kita rekaman?” kata Yoyo yang sebenarnya gue gak tahu ini menghina apa memuja.

Terlepas dari itu semua, yang penting kami sudah punya satu lagu yang akan membawa kami ke panggung musik komersil dan menggapai cita-cita kabul band. Doakan kami ya!

24 komentar:

  1. itu cerita tentang senior2 kakak beneran -_-" ?

    BalasHapus
  2. @VIIRARA`s story
    haha,, itu hanya fiksi yang dilebih-lebihkan.hhe

    BalasHapus
  3. oh fiksi belaka. berarti apabila ada kesamaan tokoh,tempat atau kejadian itu cuma ketidak sengajaan la ya kak. :p

    BalasHapus
  4. aku dulu juga punya band ancur2an hehhe

    BalasHapus
  5. @VIIRARA`s story
    sebenarnya diangkat dari kisah nyata... tapi agak dibumbui biar enak..hha

    BalasHapus
  6. @richoyul
    Hehhe,, selamat deh.. tapi ini gak ancur-ancuran lo..

    BalasHapus
  7. yes yes. tapi senior nomor 3 itu agak sadis ya kak perumpamaannya. ahahaha

    BalasHapus
  8. owalah... setengah fiksi gitu ya??
    btw, aku juga gak suka band2 sekarang yg lagunya mendayu-dayu gitu,, tpi paling ni cuma maalah selera,hehe

    BalasHapus
  9. @VIIRARA`s story
    ahaha, bkn sadis, tapi agak kejam aja.hha

    BalasHapus
  10. @Viita
    Yoi... Wah, kalo aku sih tetap suka semua musik.. jadi sukanya apa nih? yang metal core gitu ya?hhe

    BalasHapus
  11. is is is. ahahahah maunya tau ya senior kakak itu. :p

    BalasHapus
  12. kirain beneran ngeband... :p

    BalasHapus
  13. @VIIRARA`s story
    Jgnlh... nanti dia murka...hha

    BalasHapus
  14. @VIIRARA`s story
    Jgnlh... nanti dia murka...hha

    BalasHapus
  15. is wayola kakak. udah gak ia itu. is wayolaaaaaaaa. ahahahahaha, kasi uang tutup mulut kak. biar gak ira bilang

    BalasHapus
  16. @Sang Cerpenis bercerita
    malam... makasih udah nyapa..hhe

    BalasHapus
  17. @Ra
    rupanya pura-pura ngeband.. :D

    BalasHapus
  18. @VIIRARA`s story
    hha,, bilang aja... kan ini cuma ecek2..wkwkw

    BalasHapus
  19. yeeeh. ahahahaha. ia jugak :p

    BalasHapus
  20. yeeeh. ahahahaha. ia jugak :p

    BalasHapus
  21. @TUKANG COLONG
    terimakasih kawan,.

    BalasHapus
  22. cerita kabul selau berhasil bikin saya ngakak. maju terus perkabulan indonesia XP

    BalasHapus

Silakan dikomentari ya. Klik subscribe by email untuk notifikasi balasan. Terimakasih.