Menebang Pohon, Mengapa Tidak?

Eits, jangan salah dulu bro! Gue bukan orang yang pro dengan penebangan pohon secara liar. Malah gue termasuk salah satu orang yang pengen banget ngejitak abang penebang pohon-pohon di hutan ntu. Pasalnya dia gak mikirin anak cucu gue ntar mau menghirup apaan lagi. Kan gak mungkin pas si anak brojol langsung batuk-batuk akibat polusi udara yang gile aje. Bakal nyesel tuh anak dilahirin emaknya.hahaha

Trus kenapa gue buat judul yang seolah-olah setuju dengan penebangan pohon? Yeah, sebenarnya sih cuma kepengen ngebuat judul yang kontroversial aja.hehehe… Gak deng, tuh judul ada maknanya bung! Boleh aja nebang pohon satu, tapi nanem tiga. Misal nih, loe nebang pohon depan rumah gara-gara menghalangi pandangan pas elo lagi tepe-tepe nyari perawan segar. Silakan aja bro, asal loe nanem tiga pohon dibelakang rumah. Apa payahnya sih nanem tiga pohon aja? Loe tinggal cangkul tanah setengah kilometer eh meter, tancepin dah tu bakal pohon. Jangan lupa tutup lagi lubangnya, trus siram deh. Selesaikan? Malah lebih repot pas loe nebang pohon yang bakal nguras tenaga lebih. Manfaatnya? Ntar loe ngerasain sendiri deh. Bahkan sampe ke anak cucu cicit cocot cecet *cocot cecet tuh bahasa gue, artinya anak cucuny ayang punya anak dari cicit. Pada bingung kan? Sama gue juga.haha

Selain itu dengan menebang eh menanam pohon, kita bisa membantu pencegahan global warming. Seeeettt dah.,,, ok bener manfaatnya yak? Ya iyalah bro. Tapi kok bisa ya? Gini, global warming itu kan disebabkan oleh peningkatan suhu rata-rata atmosfer, laut dan daratan bumi. Nah, salah satu cara mengatasinya yaitu dengan memperbanyak tumbuhan di bumi ini. Logikanya gini, pas loe lagi kepanasan trus loe berteduh di bawah pohon, apa yang loe rasain? Pasti ngerasa adem kan? Nah kalo di bumi ini banyak pengadem (baca : pohon), pasti bumi ini bakal ikutan adem. Peningkatan suhu yan terjadi bakal berkurang. Nah efeknya bumi kita bakal terus terjaga.

Gue inget banget pas ibu guru SD gue bilang kalo mata kita tuh suka ngeliat yang ijo-ijo gitu. Kalo lagi pada mumet ngeliatin angka yang rumit, selingi dengan melihat rumput dan pohon-pohon hijau. Dijamin bakal merefresh mata kita. Ternyata bener sob! Pas gue lagi ngerjai integral tak wajar dan jawabannya pun gak nemu-nemu, gue sempatin deh ngeliat ke luar jendela yang ada tanaman hijau. Eh, mata gue seger lagi. Trus pas gue balik ngerjai tuh soal, langsung dapet deh jawabannya.hehehe.. Pada gak nyangka kan kalo efeknya seluas itu.

Satu hal yang gak boleh kita lupain adalah kalo tumbuhan itu juga makhluk hidup. Ingat gak kalo manusia itu dikelompokkan bareng sama hewan dan tumbuhan sebagai salah satu dari tiga makhluk hidup yang ada di muka bumi ini? Kalo manusia punya perasaan, tumbuhan juga punya perasaan. Selama kita menyayangi tumbuhan, maka kita pun juga akan merasakan kasih sayang tumbuhan kepada kita. Dia akan memberikan udara yang segar, melindungi dari panasnya matahari,serta menghasilkan buah yang sangat lezat bagi kita. Apakah manusia yang memiliki akal pikiran akan memusnahkan kenikmatan-kenikmatan itu demi mendapatkan senilai harta? Ataukah kita tak lagi mempunyai perasaan hingga kita sanggup membunuh dengan tak wajar makhluk hidup di bumi ini? Kawan semua, sadarilah bahwa kita membutuhkan mereka. Mari hijaukan bumi ini!

Nb : Tulisan ini saya dedikasikan untuk mengikuti perlombaan karya tulis ilmiah IATMI 2010

Sumber gambar

5 komentar:

  1. mantab lagi lah,,

    klo boleh tanggapan,,
    tulisannya gak ngebosenin tuk dibaca, bnyk gurauannya (asalkan jgn terlalu kasar gurauan nya)

    BalasHapus
  2. @khairun
    Makasi run.. insyaAllah gurauannya dibuat sewajar mungkin.. mohon pengawasannya.. :D

    BalasHapus
  3. ngeri ya bahasanya, uda terkena pengaruh globalisasi jakarte kali nampaknya hahaha
    eh blogmu aku masukin ke blogroll aku ya? boleh?

    BalasHapus
  4. @icha
    hahahaha, supaya bisa diterima semua kalangan tapi.. boleh lah.. blogmu apa?

    BalasHapus
  5. oke,sip.
    blog saya tidak penting, hahaha

    BalasHapus

Silakan dikomentari ya. Klik subscribe by email untuk notifikasi balasan. Terimakasih.