Sosok Pantang Menyerah itu Telah Berpulang

Innalillahi wa innailaihi roji'un. Barusan saja aku mendapat sms bahwanya beliau telah berpulang ke rahmatullah. Ia kembali kepada sang pencipta. Seorang sosok pantang menyerah yang ku kenal itu menghembuskan nafas terakhirnya hari ini 10 April 2010. Ya tokoh itu adalah kakek ku sendiri yang biasa ku panggil dengan sebutan opung. Orangtua dari ayah ku ini adalah seorang yang hebat dan tanggung jawab. Ia memiliki 10 anak yang telah dibesarkannya dengan baik. Jasa seorang ayah yang sangat sulit apabila kita bayangkan.

Dahulu aku sering bercakap-cakap dengannya ketika masih kecil. Ukiran wajahnya yang khas selalu teringat dalam benakku. Tampak raut wajah penuh harap di setiap akhir kalimatnya. Dengan begitu semangatnya ia menceritakan pengalamannya semasa dahulu, dengan tujuan aku bisa lebih darinya dalam segala hal. Namun sekarang, sosok kuat dan tabah itu telah pergi berjumpa kepada ilahi.

Semoga Allah swt menerima segala amal perbuatan baik opung di dunia. Khusus untuk ayahku, mudah-mudahan papa bisa selalu tabah dalam menghadapi cobaan ini. Dan untuk semua orang yang ditinggalkan termasuk diriku sendiri, bersabarlah. Allah swt berfirman dalam suroh al-baqoroh 45-46, ”Jadikanlah sabar dan shalat sebagai penolongmu. Dan sesungguhnya yang demikian itu sungguh berat, kecuali bagi orang-orang yang khusyu’, (yaitu) orang-orang yang meyakini, bahwa mereka akan menemui Tuhannya, dan bahwa mereka akan kembali kepada-Nya.” Marilah kita senantiasa berdoa untuk membingkai arwahnya menuju tempat yang mulia di sisi Allah swt.

Ini semua telah ditakdirkan oleh Allah swt. Tak ada yang bisa menunda maupun mempercepatnya. Allah maha mengetahui apa yang tidak kita ketahui. Semoga kita nantinya dikumpulkan dalam keadaan yang kita harapkan. Amin ya robbal 'alamin.

Sesuatu yang bernyawa tidak akan mati melainkan dengan izin Allah, sebagai ketetapan yang telah ditentukan waktunya. Barangsiapa menghendaki pahala dunia, niscaya Kami berikan kepadanya pahala dunia itu, dan barangsiapa menghendaki pahala akhirat, Kami berikan (pula) kepadanya pahala akhirat. Dan Kami akan memberi balasan kepada orang-orang yang bersyukur.(Ali imron 145)

1 komentar:

  1. innalillahi wa innaillaihi rojii'uunn...

    Di.. aq turut berduka juga... semoga amalan beliau diterima di sisiNYa... dan diberi ketabahan bagi keluarga yang ditinggalkan..

    BalasHapus

Silakan dikomentari ya. Klik subscribe by email untuk notifikasi balasan. Terimakasih.