Kawan, Mulailah Menulis!

Terkadang kita sedikit tabu dengan kata-kata menulis. Sepertinya ada klaim bahwa kegiatan menulis itu sedikit manfaat. Siapa bilang? Dengan menulis, kita bisa membuka pikiran kita terhadap pembahasan yang aan kita tuliskan. Dengan mengangkat satu tema, kita dituntut untuk menguasai tema tersebut. Nah semakin banyak tulisan yang kita buat, maka semakain banyak pula pengetahuan kita.

Untuk bisa menulis, mau tidak mau kita harus banyak membaca. Mencari referensi adalah hal yang sangat penting untuk mengembangkan ide dan opini kita di dalam tulisan. Selain itu, kita juga bisa mempelajari gaya penulisan penulis-penulis yang sudah punya nama. Tidak ada salahnya kita belajar meniru gaya penulisan hingga akhirnya kita menemukan gaya penulisan sendiri. Ingatlah, salah satu tujuan penulis adalah membuat pembaca tahan mengikuti cerita kita dari awal hingga akhir.

Mungkin awalnya kita sangat sulit untuk mulai menulis. Tapi setelah anda tau akan kehebatan hobi menulis, maka anda tidak akan mengatakan menulis adalah hobi. Melainkan, menulis adalah kebutuhan. Jangan menunda-nunda waktu anda untuk menulis. Tulislah sesuatu yang ada dipikiranmu. Awali dengan kemauan dan tekad yang tulus. Yang harus diingat bahwa, tak ada tulisan yang tak bermanfaat.

0 comments:

Silakan dikomentari ya. Klik subscribe by email untuk notifikasi balasan. Terimakasih.