Jangan Takut Untuk Berdoa (Tausyiah Jumat)

Jangan pernah berpikir bahwa doa kita tak dikabulkan oleh Allah swt. Allah swt selalu mengijabah doa-doa kita. Ada 3 hal yang mungkin terjadi ketika kita memohon sesuatu kepad Allah swt. Pertama, Allah langsung mengabulkan doa kita saat itu juga. Yang kedua. Allah memberikannya suatu saat yang tidak kita tahu di dunia ini. Karena sesungguhnya Allah swt lah yang lebih mengetahui sesuatu yang terbaik untuk kita. Dan yang ketiga saat di akhirat nanti. Nantinya ada saat kita menerima sesuatu yang kita tak tahu darimana asalnya. Dan ketika dijelaskan, maka kita tahu bahwa itu adalah doa-doa kita yang belum dikabulkan. Allah swt berfirman dalam surah Al-baqoroh 186 yang artinya, Dan apabila hamba-hamba-Ku bertanya kepadamu tentang Aku, maka (jawablah), bahwasanya Aku adalah dekat. Aku mengabulkan permohonan orang yang berdoa apabila ia memohon kepada-Ku, maka hendaklah mereka itu memenuhi (segala perintah-Ku) dan hendaklah mereka beriman kepada-Ku, agar mereka selalu berada dalam kebenaran.

Ayat di atas menegaskan bahwa Allah pasti mengabulkan doa-doa kita asalkan kita memenuhi segala perintahNya. Ibarat dengan sesama manusia saja, apabila kita baik terhadap seseorang, maka ia pun akan suka menolong kita ketika dalam kesusahan. Apalagi Allah yang maha pengasih lagi maha penyayang.

Bahkan dalam Hadist Riwayat Muslim dikatakan, doa adalah otaknya ibadah. Berarti hal yang mendasari ibadah adalah doa. Hadist Riwayat Abu Ya'la meneyebutkan, doa adalah senjata seorang mukmin dan tiang agama serta cahaya langit dan bumi. Sungguh besar manfaat doa. Doa diibaratkan sebagai senjata kita dalam menghadapi masalah beserta tiang dan cahaya langit bumi. Berarti selain untuk memperkokoh agama kita, doa juga berguna sebagai penerang minimal di hati kita semua.

Saudara-saudari ku yang dirahmati Allah, intinya adalah kita harus menyerahkan segala sesuatu kepada Allah swt. Setelah kita berusaha, maka haruslah kita bertawakal kepada Allah. Karena terkadang, banyak hal-hal yang kita rasa buruk, tapi sebenarnya itu adalah terbaik untuk kita. Dan sangat banyak sekali hal-hal yang kita rasa terbaik untuk kita, tapi sebenarnya itu membawa kesengsaraan untuk diri kita. Maka, bertawakallah. Mudah-mudahan kita selalu menerima dengan lapang dada atas segla yang diberikanNya.

Wallahu'alam bishowab.
Saidi Alhady, Bintaro 9 April 2010

0 comments:

Silakan dikomentari ya. Klik subscribe by email untuk notifikasi balasan. Terimakasih.