Lomba Menulis Wikipedia Bahasa Indonesia Yuk!

Siapa tak kenal wikipedia? Situs web ensiklopedia yang menampung tulisan warga ini menggelar kompetisi menulis di Wikimedia Bahasa Indonesia bertajuk "Bebaskan Pengetahuan 2010" yang akan dimulai 1 April.

Kompetisi yang digelar wikimedia Indonesia memilih secara acak 10 perguruan tinggi di Jakarta, Bogor, Tangerang untuk mengirimkan sembilan orang mahasiswanya bersaing menulis di wikipedia bahasa Indonesia. "Anak-anak (peserta kompetisi) ini dilatih dulu beberapa kali, baru dilombakan," kata Siska, direktur proyek wikipedia Indonesia di Jakarta, Selasa (30/3/2010).

Peserta terbaik akan ditentukan melalui penilaian kuantitatif dan kualitatif. Menurut Siska, secara kuantitatif, jumlah tulisan peserta selama lomba berlangsung, 1 April -16 Juni akan menentukan nilai mereka. "Juga berapa banyak mereka daring (dalam jaringan) mengedit, menulis selama 1 April -16 Juni," katanya.
Sementara secara kualitatif, peserta akan dinilai berdasar keterbacaan tulisannya. Tingkat keterbacaan atau kejelasan tulisan tiap peserta lomba akan dinilai oleh dosen dari masing-masing perguruan tinggi yang ikut serta.

Siska juga menyampaikan, peserta kompetisi boleh memilih berbagai tema untuk tulisannya. Pemenang kompetisi menulis di Wikipedia Bahasa Indonesia ini akan menjadi perwakilan Indonesia mengikuti konferensi internasional Wikimania 2010 di Gdansk, Polandia. Sedangkan lima peringkat teratas masing-masing akan memperoleh sebuah laptop pada hari Kebangkitan Nasional 20 Mei.

Sayangnya, tahun ini baru 10 perguruan tinggi yang diikutsertakan kompetisi ini. Menurut Siska, hal tersebut dikarenakan keterbatasan sumber daya alam dan keterbatasan dana penyelenggara. Namun, Siska melanjutkan, perguruan tinggi atau mayarakat yang tidak terdaftar lomba, boleh melayangkan surat elektronik ke alamat info@wikimedia.or.id untuk protes kepada penyelenggara.

Kompetisi menulis ini juga merupakan kerjasama Wikipedia Indonesia dengan Kementrian Komunikasi dan Informatika. Pihak penyelenggara juga menggandeng artis, Christian Sugiono sebagai Duta Pengetahuan Bebas.

sumber

0 comments:

Silakan dikomentari ya. Klik subscribe by email untuk notifikasi balasan. Terimakasih.