ITB Siapkan 100 Beasiswa

BANDUNG--Ada kabar baik dari Institut Teknologi Bandung (ITB). Pada tahun ajaran 2010 ini, ITB kembali menyediakan menyediakan beasiswa “ITB Untuk Semua”. Program ini diperuntukkan bagi 100 mahasiswa baru ITB angkatan 2010 yang berasal dari keluarga kurang mampu.

Para peminat diharuskan melakukan pendaftaran dalam kurun 9 November-24 Desember 2009. Persyaratan serta proses seleksi dapat dilihat di situs resmi BIUS (Beasiswa ITB Untuk Semua), http://www.itbuntuksemua.com dan situs resmi ujian masuk ITB, http://usm.itb.ac.id/. Dari surat elektrionik yang diterima Republika, Senin (16/11), Koordinator Penggalangan Dana & Promosi Tim Penyelenggara BIUS, Andrianto Soekarnen, menyatakan, penerima Beasiswa ITB Untuk Semua (BIUS) akan ditanggung uang pendidikan, tempat tinggal, serta biaya hidup selama menempuh kuliah di Bandung. 

Beasiswa ini hanya diberikan kepada pemilik ijazah SMA/SMK/sederajat tahun 2010 (bukan ijazah persamaan) sesuai persyaratan untuk fakultas/sekolah yang dipilih. Kriteria kemampuan ekonomi orangtua yang digunakan adalah jumlah penghasilan total dari kedua orangtua calon mahasiswa kurang dari nilai Upah Minimum Regional (UMR) yang berlaku.

Pada tahun ajaran 2009, BIUS telah diberikan kepada 40 mahasiswa ITB angkatan 2009. Mereka telah melalui saringan ketat terhadap 3.170 pendaftar awal dan lulus ujian penerimaan mahasiswa baru. Untuk tahun ini, ITB menargetkan beasiswa akan diberikan kepada 100 mahasiswa baru, dengan syarat mereka lulus ujian (sesuai standar tinggi yang berlaku) dan jumlah donasi yang berhasil dikumpulkan panitia penyelenggara beasiswa mencukupi.

Selain mendapat ongkos kuliah dan biaya hidup, penerima BIUS akan mengikuti masa persiapan (bridging) sekitar satu bulan sebelum masa perkuliahan untuk membantu menyesuaikan diri dengan suasana kampus serta kehidupan di Bandung. Selama kuliah, para mahasiswa mendapat bimbingan dalam mengatasi kendala studi dan persoalan adaptasi yang mungkin muncul. 

Para mahasiswa juga akan diberi kesempatan mengikuti ceramah inspirasional, studi ke industri dan lokasi penerapan teknologi tepat guna, dan sebagainya. ''Semoga program ini dapat merekrut putra-putri terbaik bangsa untuk kuliah di salah satu perguruan tinggi terbaik di Indonesia,'' ujar Andrianto

0 comments:

Silakan dikomentari ya. Klik subscribe by email untuk notifikasi balasan. Terimakasih.